Thursday, February 11, 2010

Sleep Paralysis

Inilah fenomena teraneh yg pernah gw alamin..cukup aneh sampe bwt gw ga berani tidur..

Klo tidur, tengah malem gw suka kebangun..berkali2!
Mnding klo kebangun biasa doank..

Gw slalu kebangun dengan 'aneh'..

Ga bisa gerak..
Ga bs napas..
Badan lemes..
Badan ga bisa gerak sama skali..
Mw buka mata aja ga bs..ga kuat rasanya..
Tangan gemeteran..
Keringet dingin..

=_="
Apa coba tuh?


Gw da crita in ini ke tmen" di skul..selvi, dris, mar..
Tw selvi blg apa?

"Kata org sih, klo lw kyk gt brarti ada setan lg gencet lw.."

Zzzzz..bwt takut aja!Da tw gw tkt ama yg berbau horor!! T___T
Tp gw ga pcaya se..

Kmrn pas lg liat2 wikipedia, ada satu topik tentang 'NIGHTMARE' dan 'DREAM'..
Gw liatin dhe satu2..

Ternyata fenomena yg gw alamin ada namanya...SLEEP PARALYSIS..
Apa th sleep paralysis..?


Sleep paralysis adalah gjala yg timbul krna REM (Rapid Eye Movement)..REM th keadaan di mana kita sadar sepenuhnya, tp badan kita tidak..kcuali mata..
Biasanya klo da terjadi, badan kita lumpuh beberapa detik ato menit..saat mengalami nya, biasanya penderita ngerasa panik ato takut krna mengalami halusinasi yg kyknya nyata banget..

Penyebab sleep paralysis tuh bs krn stres, posisi tidur hadap ke atas, jadwal tidur yg ga teratur, ato krn mengalami 'Lucid Dream'..

Di kasus gw, gw rasa sih penyebab nya Lucid Dream..
Lucid dream tuh keadaan di mna kita sadar klo kita lg mimpi..jd kyk kita bs ngatur mimpi kita gt kli ya..
Jd jalan crita mimpi n apa yg kita lakuin di mimpi tuh kita yg ngatur ato tentuin..(slama ini sih gw ngrasa begitu)..
Ini jg salah satu gjala yg langka..dikategori in sebagai false awakening..alias sleep-disorder..



Klo yg selvi blg itu, klo mnrut crita2 kuno sih iya..katanya ada demon lg duduk di atas kita, makanya sesak napas..zZz

--------------------------------------

Tadinya stlh bc, gw lega..ternyata bkn cma gw doang yg kelaenan..wkwk..Di wiki jg tulis, sleep paralysis th gjala yg wajar..tiap org pst bkal ngalamin satu ato dua kli dlm hidup..

"SATU ATAU DUA kali dlm hidup.."

Satu dua kli? Gw da 5++kali cuy..
Bru jg lega, jd takut lg..TT

Biasa nya klo da ngalamin, gw pasti ga tidur mpe pagi..bahkan kadang saking tkut nya gw ga tidur seharian..ckck

Gmna ya saya jd bingung..

O my nightmare..just go away from me la..

1 comments:

Maltha Anatasha said...

weeeeeeeeee... bukannya mimpi itu emank kita yang tentuin jalannya yah?? bingung saya.. haha!1 gw selalu gitu cin.. kalo mimpi ya gw yang tentuin mao ngapain.. wkwk

Post a Comment